social media utk corporate (bitrix24) – mengapa diperlukan

bbrp perusahaan IT yg besar menyediakan corporate social media (CSM), diantaranya:

  1. bitrix24 (bitrix24.com)
  2. ibm connections (www.ibm.com/cloud-computing/social/us/en/)
  3. microsoft yammer (https://www.yammer.com/)
  4. jive (jivesoftware.com)
  5. dll…

saya pernah coba review tool2 di atas… yg terbaik yg mana? sesuai kebutuhan pastinya 😀

 

nanti kita akan coba bahas masing2 keunggulan dari masing2 CSM tsb…

sebelumnya kita bahas dulu, keuntungan apa yg didapat dirasakan setelah perusahaan kita menggunakan CSM 🙂

  1. sebagai tool komunikasi (communication tool)

mungkin pembaca ada yg bertanya, utk apa pakai bitrix utk komunikasi? kan udah ada email? ya hampir semua perusahaan bisa dipastikan sudah punya email… artinya sudah bisa berkomunikasi…you’re right.

Nah pertanyaannya apakah cukup dgn tool email tsb utk bisa komunikasi?

saya coba kasih contoh kecil ya..

CEO-as-chief-communicator.jpg

misalkan, CEO tempat anda bekerja ingin sekali bisa berkomunikasi dengan seluruh pegawai, ceo ingin berusaha dekat dengan karyawan, ingin mendapatkan feedback langsung dari karyawan… dan jumlah karyawan katakan sktr 10rb orang… di perusahaan anda skrg yg ada hanya email utk bisa berkomunikasi dan itu hny bbrp ratus email saja… pertanyaanya, cukup efektif dan efisien kan memberikan solusi email utk CEO kita utk case ini?

baiklah…kita andaikan dulu ya…seandainya kita akan berikan email system anda yang canggih misal menggunakan microsoft exchange, atau ibm lotus domino…

kurang lebih, yg anda lakukan adalah: memastikan bahwa 10rb karyawan tsb sudah punya email :), wow…10rb email utk seluruh karyawan… :D, serius kamu? akan sediakan 10 ribu akun email utk 10 rb karyawan? dan hanya agar bisa berkomunikasi dgn ceo nya? hehehe… setelah dihitung biaya yg harus dikeluarkan setiap bulan, setiap tahun utk penyediaan 10 ribu akun email tsb? wah.. hati2 kawan… takutnya ceo kaget jiwa…

kenapa?  jumlah karyawan yg menggunakan email benar2 utk keperluan bisnis, paling hanya bbrp ratus saja… tapi krn ceo nya ingin dekat dgn seluruh karyawan, terus  kita kasih email  semuanya gitu?  Hellow… kata CEO, gw cuman mau bisa nyapa mereka sekali2 terus gw harus tanggung jawab bayar segitu banyak? dezigggg hati2 ditampol ceo… hahaha

dari sisi cost… ini tidak bijak kawan… karena akan sangat mahal, padahal ‘hanya’ utk komunikasi sekali2 agar ceo bisa mencapai mereka…

Tapi kan ceo yang minta? bener… namun yuk kita coba lihat alternatif solusi yg lain yah..

dari sisi fungsional

okelah…skrg coba kita lihat dari sisi di luar cost, seandainya harga gak masalah…mungkin perusahaan anda itu supertajir.com… buat keluarin 10rb akun email yg bakalan mubajir itu gak masalah… coba kita lihat dari sisi lain (dari sisi fungsional, emosional, dll pengunaan email tsb)

Nah skrg bayangkan, perusahaan anda yg super tajir itu udah buat akun email utk seluruh karyawan…10rb akun ceritanya.. then CEO nya setuju pakai itu (mungkin ceo nya ceo KW) terus dia minta staff public affair nya yg manage komunikasi nya… wah udah mulai ribet nih… ceo yang mau, knp org public affair jd ngurus gini huehehe.. tp yg sabar yah… kan kerja buat ceo…

okelah… email pertama dibuat… CEO minta feedback, public affair yg nge draft, setelah ceo Ok, terus..BOOM… 10rb email dikiriiiiiiim…

setelah bbrp hari2, ceo tanya ke public affair…gimana hasilnya? gimana feedback dari karyawan?

public affair bilang: “maaf mas CEO, belum ada yg kasih feedback, sptnya karyawan kita masih malu2 untuk ungkapkan perasaan atau kasih feedback ke kita”

terus CEO nya tanya lagi: “tapi karyawan kita sudah baca email saya kan?”

Pub.Affair “hmmm..kalau itu tanya wanda ajah… wan..da tau…hehehe…”

ceo: “jadi saya mau minta feedback, dan saya gak tau brp org yg udah baca? dan gak ada yg kasih feedback pula”… duh…untuk perusahaan gw supertajir.com…asal gak ketahuan komisaris ajah ini kebodohan saya, menyetujui pengadaan 10rb email mubajir ini…

#pub affair, dan org IT gemeteran

jadi paham ya… email itu komunikasi yg canggih…namun akan menjadi usang untuk kebutuhan semacam di atas…

Nah bayangkan kalau seandainya kita punya facebook (maksudnya seperti facebook) – facebook like… yg bisa diakses oleh seluruh karyawan…10rb karyawan… ketika CEO mau sapa seluruh employee nya, CEO bisa nulis sendiri di dinding nya (wall nya), gak perlu pub affair keles… bisa upload foto, bahkan video utk menyapa seluruh employeenya…(spt Pak Jokowi yg bisa nge Vlog sendiri )

dan dalam sekejap… CEO udah bisa lihat…berapa org yg lihat pesannya… brp org yg sudah menonton video greeting nya…berapa org yg like… dan asyiknya… feedback dgn sekejab, asyik kan?

Ini baru sedikit sisi keunggulan CSM, nanti akan saya lanjut lagi dng keuntungan2 lainnya..

 

Advertisements
This entry was posted in Bitrix24 and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s